Sudah Diperwalkan, Kota Serang Punya 6 Motif Batik Khas

Ramzy
22 Jul 2019 13:33
2 menit membaca

Susilawati, Kasi Cagar Budaya dan Permusiuman Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Serang.

SERANG (SBN) – Indonesia memiliki berbagai macam kesenian dan kebudayaan, salah satunya adalah batik. Banyak orang yang sudah lama mengenal batik sebagai seni budaya khas Indonesia. Kepopuleran batik bahkan sudah terdengar hingga ke telinga mencanegara.

Nantinya corak batik Indonesia akan bertambah, pasalnya Kota Serang akan segera memiliki motif batik khas dari Ibu Kota Provinsi Banten tersebut.

Susilawati, Kasi Cagar Budaya dan Permusiuman Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Serang mengatakan, di tahun ini motif batik khas Kota Serang sudah memiliki perwalkan (peraturan wali kota) oleh Wali Kota Serang Syafrudin pada tanggal 15 Juli 2019.

“Alhamdulillah motif batik khas Kota Serang sudah ada Perwal, sebelumnya tahun 2016 melakukan kunjungan ke daerah lain, pada tahun 2017 kita mensosialisasikan akan mensayembarakan motif batik khas, tahun 2018 kita megadakan lomba pembuatan motif batik, tahun ini diperwalkan dan tahun 2020 Kota Serang akan mensosialisasikan secara menyeluruh, kita sudah merencanakan Insya Allah anggaran sudah siap,” ungkap Susi.

Nantinya, lanjut Susi, Kota Serang akan mematenkan beberapa 6 motif batik. Diantaranya motif batik Bedug, Saung Fathok yang nanti akan menjadi pakaian dinas di lingkungan Pemda Kota Serang. Motif Menara, Bandeng, Paduraksa dan Almadad yang nanti akan dipakai seragam sekolah, pentas budaya.

“Hanya Kota Serang sebenernya yang tertingal, karena belum memiliki batik khas, Cilegon, Tangerang, Pandeglang semuanya sudah, sekarang itu kita memakai batik siapa aja, kadang Baduy dan lainnya. Harapannya motif batik ini menjadi ikon khas Kota Serang, Insya Allah batik ini berasal dari historis asli Kota Serang,” tandasnya.(hen/zie)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan