Cegah DBD Sejak Dini, Puskesmas Sindang Jaya Bentuk Kader Jumantik Rumah Tangga

Ramzy
4 Des 2019 14:41
1 menit membaca

TANGERANG (SBN) – Puskesmas Sindang Jaya, Kabupaten Tangerang membentuk kader juru pemantau jentik (Jumantik) di setiap rumah tangga, guna mengantisipasi berbagai penyakit akibat gigitan nyamuk selama musim pancaroba di daerah itu.

Sasaran pada masyarakat rumah tempat tinggal dan lingkungan untuk menghilangkan kasus demam berdarah mengurangi dampak demam berdarah, Puskesmas Sindang Jaya memberikan arahan kepada para kader untuk membiasakan kebiasaan baik.

“Intinya melalui program ini di setiap rumah ada jumantiknya. Yang mempunyai tugas memantau, memeriksa, memberantas jentik, dan melakukan pembersihan sarang nyamuk (PSN) di masing-masing rumah,” kata Jajat Suderajat, Kasubag TU Puskesmas Sindang Jaya, Rabu, 4 Desember 2019.

Jajat menjelaskan, Dinas Kesehatan menugaskan puskesmas untuk ikut mengawal program ini, sehingga pematauan jentik di rumah tangga berjalan dengan optimal dan tidak ada lagi peningkatan kasus DBD selama musim pancaroba dan hujan tahun ini.

“Harapannya penyakit demam berdarah bisa ditekan sampai penyakit di lingkungan kurang sehat ini biasa ditekankan,” ucapnya.(Sadi/Zie)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan