1.700-an Calon Jemaah Haji 2020 Asal Kota Tangerang Tertunda Keberangkatannya

Joe
2 Jun 2020 13:53
2 menit membaca

KOTA TANGERANG (SBN) —  Pemerintah Indonesia, melalui Kementerian Agama memutuskan tidak akan memberangkatkan jemaah haji pada tahun ini. Penundaan ini karena pemerintah Arab Saudi masih belum membuka akses bagi jemaah haji dari negara mana pun.

Berkenaan dengan hal tersebut, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tangerang Badri Hasun mengatakan ada sekitar 1.700-an calon jemaah haji asal Kota Tangerang yang dipastikan tertunda keberangkatannya tahun ini.

“Kami berharap umat Islam di Kota Tangerang menyadari ini karena kerajaan Arab Saudi tidak membuka. Dan kami yakin niat umat muslim di kota Tangerang sudah dicatat sebagai amal Soleh,” ujarnya, Selasa (2/6/20).

Menurut Badri, amat disayangkan jika calon jemaah haji tidak memahami kondisi saat ini dan memaksakan diri untuk berangkat di tengah situasi pandemi Covid-19.

“Kalau kemudian tetap diberangkatkan, khawatir akan meninggal. Ya, buat apa berangkat haji tapi menantang maut?” tegasnya.

Badri menjelaskan, semua calon jemaah haji asal Kota Tangerang sudah menyelesaikan administrasi dan bahkan sebagian sudah menyelesaikan vaksin meningitis.

“Seharusnya memang saat ini para calon tamu Allah akan mengikuti pelatihan manasik haji, namun berhubung ditunda keberangkatannya, maka ditiadakan,” imbuhnya.

Terkait informasi penundaan ini pihaknya akan melakukan kordinasi dan menyampaikannya kepada seluruh calon jemaah haji asal Kota Tangerang.

Calon jamaah haji yang dijadwalkan berangkat tahun ini ada yang berusia 101 tahun. Bahkan, bahkan ia sudah mendaftar sejak 9 tahun yang lalu. Kalau saja tidak ditunda, kloter pertama jemaah haji Indonesia tahun ini mestinya berangkat pada 26 Juni 2020. (Yadi/Atm)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan