Adaptasi Kebiasaan Baru, BPJS Kesehatan Kenalkan Pandawa

Ramzy
4 Sep 2020 13:24
2 menit membaca

KABUPATEN TANGERANG (SBN) – Adaptasi kebiasaan baru (AKB) membuat berbagai macam pelayanan diberikan dengan cara tidak menimbulkan sebuah kerumunan. Menyikapi hal itu, BPJS Kesehatan membuat terobosan baru pelayanan di masa pandemi Covid-19 bernama Pandawa disingkat Pelayanan Administrasi Melalui WhatsApp.

Ada sembilan pelayanan yang dapat dilayani melalui Pandawa. Peserta/Calon Peserta BPJS Kesehatan bisa mengirimkan format dengan memasukkan kode layanan yang diinginkan.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Tigaraksa Nunki Malahayati mengatakan, Pandawa di masa pandemi sangat signifikan, sebab jumlah pelayanan tatap muka menjadi berkurang dan dengan jumlah kerumunan turut berkurang. Tentunya kendala dalam penerapan Pandawa ini pasti akan ada evaluasi.

“Kami akan berusaha untuk mengatasi kendala-kendala tersebut,” Kamis, 3 September 2020.

Nunki menerangkan, jauh sebelum Pandawa dikembangkan, BPJS Kesehatan sudah memiliki kanal pelayanan administrasi tanpa tatap muka. Kanal-kanal tersebut, antara lain aplikasi Mobile JKN, BPJS Kesehatan Care Center 1500 400, dan CHIKA (Chat Assistant JKN) melalui nomor WhatsApp 08118750400.

“Pandemi Covid-19 di Indonesia belum berakhir, pemerintah mewajibkan masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan dalam segala aktivitas,” pungkasnya.

Sebagai pemberi layanan publik, kata Nunki, BPJS Kesehatan harus menerapkan protokol kesehatan selama menjalankan fungsinya. Alur pelayanan administrasi kepesertaan di kantor cabang diatur sedemikian rupa untuk mencegah penyebaran Covid-19.

“Kami sudah melakukan penyesuaian untuk penerapan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB). Karena tidak bisa dipungkiri, meski PSBB masyarakat tetap berbondong-bondong datang ke
kantor cabang untuk mendapatkan pelayanan,” ujar Nunki.

BPJS Kesehatan pun melakukan terobosan untuk membatasi pelayanan administrasi kepesertaan di kantor
cabang tanpa melalui tatap muka dengan memanfaatkan teknologi. Dengan memanfaatkan teknologi komunikasi, pihaknya telah membuka kanal pelayanan administrasi kepesertaan melalui aplikasi WhatsApp.

“Masyarakat dapat menghubungi nomor yang berbeda di tiap kantor cabang. Untuk KC Tigaraksa (081210292667), KC Tangerang Selatan (081283078906), dan KC. Kota Tangerang (082122375424),” tutur Nunki.(Restu/Zie)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan