Sudah Ada 26 Proyek Penanganan Banjir di Tahun 2020, Bagaimana Hasilnya?

Ramzy
3 Des 2020 14:39
2 menit membaca

KABUPATEN TANGERANG (SBN) — Dalam mengatasi permasalah banjir di Kabupaten Tangerang, Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Kabupaten Tangerang telah melakukan beragam upaya. Di tahun 2020 ini dikabarkan sudah ada 26 titik proyek normalisasi irigasi, sungai dan situ yang berlangsung di Kabupaten Tangerang. Untuk hasilnya, masyarakat Kabupaten Tangerang bisa menilai dan merasakan sendiri di kemudian hari.

Kepada Dinas Bina Marga dan SDA Kabupaten Tangerang, Slamet Budi mengatakan, hampir di semua kecamatan se-Kabupaten Tangerang telah berlangsung kegiatan normalisasi dalam upaya meminimalisir dampak bencana banjir. Ia menjelaskan, adapun target pengerjaan selesai di akhir Bulan Desember 2020 ini.

“Jadi semua saluran-saluran yang tertutup kita sudah lakukan pembukaan saluran. Ada yang mencapai 3 km dan ada yang 6 KM,” ujarnya saat dijumpai SuaraBantenNews, Kamis, 3 Desember 2020.

Ia menambahkan, pemerintah setiap tahun telah melakukan normalisasi irigasi dan sungai, baik yang masuk kewenangan Pemkab Tangerang maupun pusat. “Yang dari pusat itu ada kegiatan karya bakti TNI,” ungkapnya.

Dari 8 UPT SDA di Kabupaten Tangeran minimal ada dua titik proyek, jadi sekitar 16 titik saluran yang berjalan. Jika dijumlahkan dengan kegiatan yang berada di masing-masing bidang sekitar 10 kegiatan, jadi totalnya ada 26 proyek kegiatan.

“Sejauh ini kendala yang dihadapi belum ada, kita melakukan sosialisasi terhadap masyarakat dan kepala desa. Alhamdulillah karena ini menyangkut kepentingan warga di lapangan tidak ada kendala,” pungkasnya.

Budi menuturkan, untuk penanganan banjir di daerah Bencongan pihaknya masih dalam perencanaan dan sudah mengajukan izin rekomendasi teknis di Balai Besar C2. Selain itu, kata Budi, sudah ada kegiatan normalisasi di Situ Cilongok Pasar Kemis yaitu Karya Bakti yang dilakukan oleh TNI.

“Yang masih dikerjakan, normalisasi Sungai Cimanceuri, selanjutnya lanjutan dari kegiatan yang belum kita akan alokasikan di kegiatan tahun 2021,” tutupnya.(Restu/zie)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan