Lonjakan Penumpang Diprediksi Meningkat Saat Cuti Bersama, ASDP Siapkan 32 Kapal

Ramzy
21 Des 2019 23:10
2 menit membaca

CILEGON (SBN) — Lonjakan penumpang menjelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) belum begitu terlihat. Lonjakan diprediksi akan mulai meningkat pada hari cuti bersama mendatang. Hal ini dikatakan Kepala Pos Terminal Terpadu Merak Alam Surya Wijaya, Sabtu (21/12/19).

Alam mengatakan, prediksi lonjakan akan terjadi saat cuti bersama nanti. Kendati demikian, pihaknya sudah berkordinasi dengan perusahaan angkutan untuk mempersiapkan jumlah armada dalam menghadapi penumpang selama Nataru agar lonjakan dapat teratasi.

Pantauan suarabantennews.com menunjukkan situasi terkini dermaga penyeberangan Merak masih normal meskipun sebelumnya area dermaga terlihat sempat padat oleh truk, kendaraan pribadi, juga pejalan kaki.

Data tahun 2018 mencatat penumpang pejalan kaki di Pelabuhan Merak menurun hingga 16 persen. Demikian disampaikan General Manager PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak Kapten Solikin.

“Menjelang libur Natal dan Tahun Baru 2020, penumpang di Pelabuhan Merak sudah mulai meningkat, baik penumpang pejalan kaki maupun yang menggunakan kendaraan pribadi. Namun, dibandingkan dengan tahun 2018, penumpang pejalan kaki mengalami penurunan hingga mencapai 16 persen,” terangnya.

Solikin menjelaskan, menurunnya jumlah penumpang pejalan kaki ini diprediksi karena neningkatnya kesejahteraan masyarakat yang sudah bisa membeli kendaraan roda dua maupun roda empat.

Data penumpang pejalan kaki pada tahun 2018 adalah 4.273 penumpang.

“Sedangkan tahun ini tercatat sebanyak 3.600 penumpang pejalan kaki yang telah menyeberang dari Pulau Jawa ke Pulau Sumatera melalui Pelabuhan Merak,” imbuhnya.

Oleh karena itu, Solikin mengimbau semua masyarakat yang akan menyeberang melalui Pelabuhan Merak agar selalu menjaga konsentrasi, menjaga keselamatan dan berhati hati, serta selalu tertib dalam menunggu antrian.

Saat ini, dermaga juga telah menyiagakan armada sebanyak 32 kapal untuk melayani penyeberangan. Kesiapan ini diharapkan mampu mendukung kelancaran pelayanan penyeberangan selama libur Nataru nanti. (Wawan/Atm)

 

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan