Pilkada Tangsel, Bang Ben Diprediksi Jadi Rebutan Parpol

Ramzy
28 Des 2019 18:36
2 menit membaca

TANGSEL (SBN)-, Pengamat politik dari Universitas Islam Syekh Yusuf (UNIS) Tangerang, Adib Miftahul, mengatakan, Benyamin Davnie yang saat ini menjabat Wakil Walikota Tangerang Selatan menjadi incaran partai politik untuk maju di Pilkada Tangsel, September tahun depan.

Hal itu disampaikan Adib saat ditanya mengenai hasil survei Indopolling Network yang digelar Jumat, 27 Desember 2019 yang menempatkan Bang Ben, sapaan akrab Benyamin, di posisi teratas. Bang Ben berdasarkan survei itu meraih presentase sebesar 28,4 persen.

“Hasil tersebut tak terlalu mengejutkan. Pasalnya, Tangsel banyak dihuni oleh pemilih realistis. Basis Tangsel sebagai wilayah perkotaan turut memperkuat alasan tersebut,” kata Adib, Sabtu, 28 Desember 2019.

Sampai saat ini, publik Kota Tangsel setidaknya mengenal nama-nama tokoh yang digadang-gadang akan maju di Pilkada. Selain Bang Ben, ada nama Sekretaris Daerah Kota Tangsel Muhamad, aktivis dan akademikus Suhendar, sampai putri Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin yakni Siti Nur Azizah .

“Dengan model wilayah perkotaan dan hanya terdiri dari 7 kecamatan, pemilih ini cenderung realistis. Referensi pemilih realistis ini biasanya paling banyak melihat informasi dari media massa dan media sosial,” tambah Adib.

Adib manambahkan, karakter pemilih realistis lebih suka memilih kepada tokoh yang elektabilitasnya berkesinambungan, alias bukan instan atau dadakan.

“Suka dan tidak suka, yang diuntungkan petahana atau Pak Ben, dengan Dia yang jadi Wakil Walikota selama 2 periode,” terang Adib.

Adib memprediksi, kontestasi politik Kota Tangsel tak akan jauh hasilnya dari hasil survey tersebut. Kalau pun ada kejutan, kata Adib, kemungkinan besar berasal dari Siti Nur Azizah.

“Vuma mungkin ada kejutan dari Siti Nur Azizah. Bagaimanapun dia kan anak Wakil Presiden,” tandas Adib. (Rls/Don).

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan