Disdukcapil Kota Tangerang Luncurkan Mesin Anjungan KIA

Ramzy
6 Feb 2020 15:57
1 menit membaca

TANGERANG (SBN) – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipi (Disdukcapil) Kota Tangerang meluncurkan mesin Anjungan untuk Kartu Identitas Anak (KIA) atau disebut dengan Anjungan KIA, Kamis, 6 Februari 2020.

Plt Kepala Disdukcapi Kota Tangerang Asep Suparman menjelaskan, mesin Anjungan KIA bertujuan untuk memudahkan warga Kota Tangerang untuk mencetak KIA sendiri.

Ia menuturkan, sejumlah dokumen persyaratan seperti Akte Kelahiran Anak, Kartu Keluarga, dan KTP orangtua wajib dilampirkan untuk mencetak kartu KIA melalui mesin Anjungan KIA.

“Dengan hadirnya mesin anjungan KIA ini, para orang tua dapat membuat KIA anaknya dengan instan di tempat yang sudah disediakan. Cukup dengan memasukkan NIK berstatus kepala Keluarga dan tapping fingerprints Kepala Keluarga yang bersangkutan lalu pilih anak yang akan dibuatkan KIA. Setelah itu pilih cetak dan tunggu hingga kartu selesai dicetak,” kata Asep.

Rencananya, mesin Anjungan KIA akan ditempatkan di Kantor Disdukcapil Kota Tangerang. Nantinya, mesin Anjungan KIA akan mulai beroperasi penuh pada beberapa hari kedepan.

“Kedepannya kami akan mengeluarkan beberapa mesin lagi, yang akan kami letakkan di sekolah dan beberapa tempat umum. Sehingga, masyarakat akan lebih mudah dan dekat menjangkaunya,” ucapnya.(Yadi/Zie)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan