Antisipasi Virus Corona, Airin: Seharusnya Cuci Tangan Pakai Sabun, Bukan Hand Sanitizer

Joe
16 Mar 2020 09:58
1 menit membaca

KOTA TANGERANG (SBN) — Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany menegaskan bahwa untuk mencegah penularan virus corona atau Covid-19 yang seharusnya digunakan untuk mencuci tangan adalah sabun, bukan hand sanitizer. Ia mengatakannya seusai rapat terbatas di Pendopo Bupati Tangerang, Jalan Kisamaun, Kelurahan Sukasari, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang, Minggu (15 Maret 2020).

Airin mengatakan hal itu berdasarkan informasi dari Dinas Kesehatan Kota Tangerang Selatan.

“Kalau misalkan tidak ada air dan sabun, baru memakai hand sanitizer,” katanya menjelaskan.

Hal tersebut dibenarkan Gubernur Banten Wahidin Halim yang mengatakan, selama ini masyarkat salah menafsirkan dengan mencuci tangan menggunakan hand sanitizer, padahal jika mencuci tangan menggunakan hand sanitizer, tangan yang dicuci akan cepat kering, tidak lembab.

Hand sanitizer itu alkohol jadi cepat pergi, tidak menempel lama. Tapi, kalau pakai sabun tangan kita akan lembab, jadi wabah virus cororna itu tidak bisa di situ,” imbuhnya.

Untuk itu ia mengimbau masyarakat agar tidak panik dengan langkanya hand sanitizer saat ini karena dalam upaya pencegahan virus corona ini, khususnya PHBS (Pola Hidup Bersih dan Sehat) dengan mencuci tangan, yang seharusnya dilakukan ialah mencuci tangan menggunakan sabun, bukan menggunakan hand sanitizer. (Yadi/Atm)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan