Efek Corona, Selama Dua Pekan Siswa di Tangerang Belajar via WhatsApp Grup

Ramzy
16 Mar 2020 12:51
2 menit membaca

KABUPATEN TANGERANG (SBN) — Dampak virus Corona membuat Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di Kabupaten Tangerang diliburkan. Selama dua pekan para siswa diminta belajar mandiri dengan memanfaatkan Aplikasi Whatapps sebagai media pemberian materi dan diskusi.

Kepala Bidang Sekolah Menengah Pertama (SMP), Dindik Kabupaten Tangerang, Fahrudin mengatakan, kegiatan belajar para siswa dari tanggal 16-30 Maret 2020 bertempat di rumah masing-masing. Dengan dengan dibekali buku yang dibawa dari sekolah.

“Saat belajar dirumah siswa dan guru diminta agar menggunakan media sosial seperti grup whatapp sebagai ajang diskusi dan menyampaikan materi,” ujarnya.

Secara umum, kata Fahrudin, Dindik Kabupaten Tangerang tidak menyediakan website khusus yang menaungi proses pembelajaran di luar sekolah. Namun, lanjut dia, ada beberapa sekolah yang memilki website sebagai wahana komunikasi antara guru, murid dan orang tua. Bagi sekolah yang belum ada boleh menggunakan media sosial sebagai media pembelajaran.

“Walaupun belajar di rumah, target kurikulum selama dua minggu harus bisa tercapai. Setelah masuk sekolah maka hasilnya pun akan dievaluasi kembali, apakah siswa memahami materi atas pola belajar mandiri tersebut,” tandasnya.

Ia pun mengimbau kepada seluruh siswa, dikarenakan situasi KMB yang tidak dimungkinkan dilaksanakan akibat penyebaran covid19 yang semakin meluas dan sudah memakan korban. Siswa dituntut agar menjadi seorang pelajar yang mandiri, walaupun tidak ada kontrol langsung oleh guru dalam proses KBM.

“Siswa memiliki tanggung jawab atas penguasaan materi dan jangan biarkan waktu berlalu tanpa belajar,” imbuhnya.(Restu/Zie)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan