Sepi Pengunjung, 80 Persen Hotel di Kabupaten Tangerang Masih Beroperasi

Ramzy
6 Apr 2020 11:31
2 menit membaca

KABUPATEN TANGERANG (SBN) — Di tengah wabah virus Corona, sekitar 80 persen hotel di Kabupaten Tangerang masih gencar beroperasi. Meskipun jumlah tamu atau pengunjung hotel mengalami penurunan yang signifikan.

Ketua Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Cabang Kabupaten Tangerang, Arifin mengungkapkan, masih ada sekitar 80 persen hotel di Kabupaten Tangerang yang beroperasi di tengah wabah Corona, walaupun jumlah tamu atau pengunjung yang menginap mencapai kurang dari 5 persen.

“Sedangkan 20 persen, pemilik hotel memutuskan menutup sementara operasional,” tutur Arifin, Senin, 6 April 2020.

Selain hotel, kata Arifin, rumah makan atau restoran tradisional pun hampir keseluruhan sudah tutup, namun restoran khas Padang dan frenchcais internasional masih tetap beroperasi.

Ia mengatakan, pemilik restoran di Kabupaten Tangerang yang sudah menutup sementara operasinya mencapai sekitar 70 persen.

“Kami pun meminta kepada pemilik restoran yang merumahkan karyawannya agar tetap memberikan gaji penuh selama 3-4 bulan kedepan atau hingga wabah virus mematikan ini tertangani,” tandasnya.

Kendati demikian, Arifin menambahkan, walaupun pengunjung hotel dan restauran sepi, bahkan ada yang tutup karena dampak merebaknya virus Corona ini. Ia mengimbau agar pelaku usaha patungan dalam membantu penanganan Covid-19 yang kian merebak secara masif.

“Kebijakan pemerintah juga dari pajak penghasilan kan ada keringanan, alangkah baiknya kita ikut berpartisipasi,” terangnya.

Partispasi ini, lanjutnya, bisa diberikan baik secara mandiri maupun melalui organisasi.
Menurutnya, di tengah wabah Covid-19 ini, menjadi sebuah momentum bagi pengusaha di bidang pariwisata untuk turut serta membantu dan saling berbagi.

“Kami minta mereka untuk patungan
walaupun bisnis hotel dan restoran sedang terpukul,” tutupnya.(Restu/Zie)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan