Zulkifli Hasan: Tambang Batu Salah Satu Penyebab Banjir di Cilegon

Joe
8 Mei 2020 10:57
2 menit membaca

CILEGON (SBN) — Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan bersama Ketua Komisi VIII DPR RI Yandri Susanto didampingi pengurus DPD PAN Kota Cilegon memberikan bantuan sembako kepada warga terdampak banjir bandang di Lingkungan Ciore Waseh, Kelurahan Kotasari, Kecamatan Grogol, Kota Cilegon, Kamis (7 April 2020).

Zulkifli mengatakan, bantuan sembako kepada warga terdampak banjir di Kota Cilegon merupakan bentuk kepedulian PAN kepada sesama meski nilainya tidak seberapa.

“Bantuan yang kami berikan ini setidaknya bisa meringankan beban warga sini yang terdampak banjir,” ungkap Zulkifli Hasan.

Selain membagikan sembako, pada kesempatan itu Zulkifli Hasan juga membahas perihal banjir yang terjadi di Kota Cilegon. Menurutnya, bencana banjir itu terjadi akibat ulah manusia itu sendiri.

“Kalau semua dirusak (gunung dan lingkungan), ya, ini akibatnya. Bencana itu terjadi karena manusia. Oleh karena itu, mari kita bersama-sama mengawasi lingkungan kita,” ungkap Wakil Ketua MPR RI ini.

Mantan Menteri Kehutanan itu juga meminta kepada pemerintah daerah untuk tidak obral perizinan terkait dengan lingkungan yang akan menyebabkan banjir.

“Saya berharap betul kepada pemerintah daerah agar memperhatikan lingkungan, jangan obral perizinan, seperti tambang batu dan tambang pasir. Lama-lama, kan kalau batu gunungnya ditambang habis, yang dapat bencana kan rakyat semua dan yang dapat senang cuma yang menambang,” tuturnya.

Di tempat yang sama, Ketua Komisi VIII DPR RI Yandri Susanto meminta pemerintah daerah agar tidak hanya melakukan kunjungan ke lokasi bencana, melainkan harus juga mengevaluasi semua perizinan berkaitan dengan lingkungan.

“Dievaluasi semua izin, ditertibkan semua yang merusak atau yang menjadi sumber utama bencana,” ungkapnya. (Wawan/Atm)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan