Pemkot Serang Akan Kaji Jalur Khusus Sepeda

Ramzy
14 Jul 2020 14:50
2 menit membaca

SERANG (SBN) — Saat ini sepeda tengah booming di masyarakat Kota Serang, bahkan beberapa daerah di Indonesia juga pengguna sepeda mulai bermunculan. Tetapi seiring dengan banyaknya aktivitas goes sepeda, rute khusus sepeda di Kota Serang masih belum ada, sehingga tak jarang kita melihat pengendara sepeda mengendarainya di jalan raya berbarengan dengan pengendara motor dan mobil.

Tentu kondisi tersebut sangat rentan terjadi kecelakaan, mengingat kecepatan sepeda dengan kendaraan lain jauh berbeda.

Salah satu penggiat sepeda dari Ecotransport, Doni Phasa Rahardian mengaku telah menyampaikan aspirasi terkait pembuatan jalur khusus sepeda kepada Pemkot Serang.

“Tadi sudah ketemu pak Wakil Wali Kota Serang PAk Subadri, selain kita menyampaikan mau ada kegiatan, kita juga mengharapkan ada rute khusus sepeda,” ucapnya usai audiensi di Kantor Setda Kota Serang, Selasa, 14 Juli 2020.

Hal tetsebut disampaikan, lanjut Doni, agar pengguna sepeda di Kota Serang lebih terarah. Jadi tidak asal jalan saja di jalan raya.

“Bayangkan kalau 100 sepeda makai jalan di tengah, kan mengganggu. Maka kita berharap ada jalur sepeda yang difasilitasi oleh pemerintah,” katanya.

Selain itu, ia juga berharap di tempat-tempat publik difasilitasi tempat parkir sepeda agar tidak terjadi kehilangan.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Wali Kota Serang Subadri Ushuludin mengaku akan mengkaji aspirasi tersebut. Ia juga mengaku saat ini banyak program Pemkot Serang yang terhambat akibat Covid-19.

“Masa transisi baru mulai kita sesuaikan dengan keuangan, karena dampak Covid-19 luar biasa. Terkait target itu tentu diimbangi dengan keuangan daerah,” jelasnya.

Untuk sementara waktu, sebelum adanya rute khusus sepeda, dirinya akan memerintahkan dinas terkait untuk membuat skema.

“Saya akan memerintah dinas terkait agar yang bersepeda merasa nyaman dan pejalan kaki juga tidak terganggu. Nanti dikaji dulu,” tutupnya.(Hendra/Zie)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan