Pastikan Kesehatan dan Kelayakan, Zaki Tinjau Langsung Lapak Hewan Kurban

Ramzy
7 Agu 2019 17:28
2 menit membaca

TANGERANG (SBN) – Guna memastikan kesehatan dan kelayakan hewan kurban yang dijual para pedagang, Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar melakukan pemeriksaan kesehatan hewan-hewan kurban di wilayah Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, Selasa (7/8/2019).

Zaki menjelaskan, berdasarkan pantauan pihaknya di beberapa penampungan hewan di kabupaten Sintang kondisi hewan kurban telah memenuhi syarat, sehingga layak menjadi hewan kurban.

“Semuanya sehat, kita sudah lakukan pengecekan secara menyeluruh,” ucapnya.

Ia mengatakan pemeriksaan kesehatan hewan kurban perlu dilakukan, menjelang Idul Adha mulai dari pemeriksaan segi fisik, hingga kebersihan hewan kurban di tempat penjualan hewan kurban. Hal itu dibuktikan juga melalui beberapa pemeriksaan oleh dokter hewan dan petugas lainnya.

“Alhamdulillah sudah hampir 100 persen pemeriksaan dan seluruhnya dalam keadaan kategori ASUH (Aman, Sehat, Utuh dan Halal) jadi katagori asuh semuanya,” pungkasnya.

Monitoring juga menurutnya dilakukan untuk mengantisipasi peredaran hewan kurban yang terkena penyakit serta Dengan diadakan peninjauan hewan kurban sebelum disembelih diharapkan masyarakat yang akan membeli hewan untuk kurban merasa yakin dengan hewan kurban yang akan dikurbankan tersebut.

Ia menambahakan pada hari Idul Adha pihaknya juga akan melakukan peninjauan dan pengawasan pada saat penyembelihan, dan timnya akan disebar dibeberapa masjid dan penampungan yang menerima pemotongan, guna menghindari adanya hewan kurban yang memiliki penyakit.

“Secara umum semua sudah layak dan aman sesuai syariat islam,” tukasnya.(res/zie)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan