Yuli Zaki Iskandar Minta Pangan Lokal Disajikan untuk Menu Makanan Keluarga

Ramzy
3 Sep 2019 17:20
2 menit membaca

TANGERANG (SBN)-, Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Tangerang Yuli Zaki Iskandar membukan Lomba Cipta Menu Festival Pangan Makanan Lokal Beragam Bergizi Sehat Aman (B2SA) di Gedung Serba Guna (GSG), Puspemkab, Selasa, (3/9/19).

Istri Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar ini mengatakan, bahan pangan lokal merupakan potensi pangan yang menyehatkan. Dia menyebut, singkong, jagung, ubi jalar, dan yang lainnya perlu dibudibudayakan serta diolah menjadi aneka makanan yang kayak gizi.

“Bahan pangan lokal seperti singkong harus terus kita kembangkan, mulai dari olahannya hingga cara penyajiannya agar lebih bersaing dengan pangan yang lain,” kata Yuli.

Pada lomba itu, peserta diuji kreativitas kulinernya untuk mengolah makanan berbahan nabati non-beras. Kategori makanan yang dilombakan diantaranya makanan untuk sarapan, makan siang, dan makan malam. Yuli berharap, aneka makanan lokal yang diolah dapat turut disajikan untuk menu makan keluarga.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Pertanian dan ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Tangerang Aziz Gunawan menjelaskan, lomba itu diikuti kader PKK di 29 kecamatan. Lomba itu, kata dia, selain menambah pemahaman untuk mengolah makanan sumber gizi, juga bertujuan memberikan pencerahan cara pengolahan dan penyajian makanan agar lebih menarik.

“Maksud dan tujuan lomba ini agar ibu-ibu paham kandungan gizi dari pangan lokal dan cara penyajiannya,” kata Aziz.

Ketua PKK Kecamatan Sepatan Dini Dadang Sudrajat mengatakan, pada lomba itu kadernya menyajikan nasi ancemon atau nasi berbahan dasar singkong. Selain itu, kata dia, turut disajikan capcay bakso ikan, perkedel Kentang, dan beef terayaki berbahan pisang.

“Nasi dari singkong diparut kemudian disajikan namanya ancemon,” tukasnya. (Rls/Don).

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan