Diskusi Terbatas PWI Banten: Membangun Banten Butuh Kebersamaan

Ramzy
24 Okt 2019 22:36
3 menit membaca

Diskusi terbatas PWI Banten bersama Anggota Komisi IV DPRD Banten Dede Rohana Putra di Sekretariat PWI Banten, Kamis (24/10/2019)

KOTA SERANG (SBN) — Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Banten menggelar diskusi terbatas bersama Anggota Komisi IV DPRD Banten Dede Rohana Putra di Sekretariat PWI Banten, Kamis (24/10/2019), dengan tema “Membangun Banten dengan Kebersamaan”

Hadir dalam kesempatan tersebut, Ketua PWI Banten Rian Nopandra, Ketua SPS Banten Lesman Bangun, dan ketua PWI kota/kabupaten se-Provinsi Banten.

Ketua PWI Banten Rian Nopandra, dalam paparannya mengatakan, di era komunikasi dan informasi seperti saat ini, media memegang peranan sangat penting dalam menentukan keberhasilan pembangunan. Terutama dalam perannya menginformasikan program-program pemerintah, termasuk tentang perencanaan pembangunan.

Media massa di Banten, lanjut pria yang akrab disapa Opan in, juga harus melaksanakan perannya  melaksanakan fungsi kontrol terhadap berbagai kebijakan lembaga pemerintah atau swasta dalam melayani kepentingan masyarakat luas.

Anggota Komisi IV DPRD Banten Dede Rohana yang menjadi narasumber dalam diskusi tersebut menerangkan bahwa pers sebagai pilar keempat sistem demokrasi memegang peranan penting dalam kebehasilan pembangunan di daerah.

“Komisi IV DPRD Banten yang membidangi pembangunan terus berupaya meningkatkan peranan, mulai pembangunan infrastruktur, pengentasan pengangguran, hingga pelayanan dasar kepada masyarakat, seperti ketersediaan listrik, semua sedang kita jajaki dan kami lanjutkan dengan langkah konkrit,” terang Dede.

Dede menegaskan, pihaknya juga secara intens melakukan komunikasi dengan beberapa kementerian guna memaksimalkan program pusat yang memang dapat diimplementasikan di Banten.

“Kita juga berharap kepada OPD untuk aktif menjemput bola karena banyak program dari kementerian yang dapat direalisasikan di Banten. Namun, itu tadi, pemerintah daerah juga harus proaktif,” ujarnya.

Terkait optimalisasi bantuan anggaran pembangunan kepada pemerintah kota/kabupaten di Banten, Dede mengatakan bahwa pihaknya kini tengah menyiapkan rancangan perda Kawasan Starategis Khusus.

“Jadi, diharapkan nantinya bantuan anggaran kepada wilayah yang memang memiliki potensi khusus dan strategis dapat dioptimalkan. Namun, seperti tema diskusi hari ini, memang dalam membangun Banten dibutuhkan kebersamaan dari semua pihak, termasuk tentunya dukungan dari teman-teman insan pers,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua SPS Banten Lesman Bangun berharap, melalui komisi IV DPRD Banten, bisnis media di Banten yang belakangan ini mulai meredup dapat dibangkitkan kembali.

“Dapat dikatakan mulai redup karena banyak bisnis media di Banten yang gulung tikar karena tidak dapat menggaji wartawan atau stafnya. Salah satunya karena anggaran publikasi yang semakin sedikit. Kami berharap agar Pak Dede Rohana yang juga duduk di Banggar DPRD Banten dapat mendorong hal tersebut. Disamping itu, kita juga berharap, anggaran publikasi dapat dikembalikan ke OPD-OPD bersangkutan agar publikasi dapat merata dan sampai secara utuh kepada masyarakat,” tandasnya. (Pin/Pan/Atm)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan