Tekan Angka Pengangguran Pj Kades Cirarab Berdayakan Warga Membuat Kue dan Bakso

Ramzy
25 Okt 2019 10:17
2 menit membaca

TANGERANG (SBN) – Dalam rangka memperkuat peningkatan kualitas ekonomi warga dan menekan angka pengangguran, Penjabat (Pj) Kepala Desa Cirarab Kecamatan Legok Kabupaten Tangerang melakukan pemberdayaan kepada masyarakat.

Pemberdayaan yang diberikan kepada warga Desa Cirarab yakni mereka diberikan bagaimana tata cara membuat kue dan bakso. Karena makanan tersebut merupakan makanan yang banyak diminati oleh hampir seluruh kalangan.

Penjabat (Pj) Kepala Desa Cirarab Endang Sutrisna mengatakan, pelatihan pembuatan kue dan bakso ini dilakukan dengan melibatkan 14 RT yang dibagi ke dalam beberapa kelompok. Setiap kelompok akan diberikan latihan rutin sampai peserta sampai mereka mampu dan mahir.

“Pelatihan ini khusus diberikan kepada warga biasa, alias warga yang bukan kader dan semua perlengkapannya kita sudah siapkan,” ujarnya, Rabu (23/10/2019).

Ia mengatakan, secara implisit tujuan dilakukan pelatihan ini guna menambah income rumah tangga dan tentunya dapat membantu suami dalam memenuhi kebutuhan rumah tangga. Selain itu, pihaknya melihat banyak penjual kue yang berasal dari luar daerah dan pemerintah desa berkeinginan menghadirkan penjual kue dari dalam daerah.

“Karena kalau saya perhatikan di toko-toko yang berada di jalan diisi oleh orang luar daerah bahkan ada juga orang asing,” tandasnya.

Tidak lanjut dari pemberdayaan masyarakat ini, kata dia, nanti jika masyarakat sudah mahir dan lancar dalam membuat kue dan bakso akan dibentuk sebuah wadah yaitu Badan Usaha Milik Desa (Bumdes).

“Bukan hanya bermanfaat bagi pribadi warga, tentu juga akan menambah pendapatan desa,” ujarnya.

Dalam pembentukan Bumdes, lanjut dia, harus ada bidang usaha dan keahlian yang sudah benar terbukti dan terukur. Sehingga, ujar dia, dalam pembentukannya nanti tidak sia-sia. “Apalagi Bumdes ini sudah digalakkan oleh pemerintah daerah,” tutupnya.(Adv)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan