Tahun 2019 Tinggal Dua Bulan, Tapi Serapan Anggaran Pemkab Tangerang Baru 58,38 Persen

Ramzy
30 Okt 2019 22:07
2 menit membaca

Sekretaris BPKAD Kabupaten Tangerang Ahmad Hidayat

TANGERANG (SBN)-, Serapan anggaran belanja Pemkab Tangerang hingga pertengahan Oktober 2019 cuma mencapai 58,38 persen. Padahal tahun 2019, tinggal menyisakan dua bulan lagi.

Sekretaris Badan Perencanaan, Keuangan, dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Tangerang Ahmad Hidayat mengatakan, belanja tidak langsung terealisasi 69,02 persen dari total anggaran sebesar Rp2,8 triliun. Sedangkan untuk belanja langsung terealisasi 50,08 persen dari anggaran sebesar Rp3,6 triliun.

“Sehingga jika keduanya dijumlah, maka total belanja yang sudah terealisasi baru 58,36 persen,” ujar Hidayat saat ditemui di ruangannya, Rabu (30/10/19).

Hidayat belum tahu secara rinci rgasnisasi perangkat daerah (OPD) yang paling banyak dan yang paling sedikit menyerap anggaran. Alasannya, kata dia, masih dalam tahap validasi dan sedang diolah bidang akutansi.

Namun Hidayat mengatakan, berdasarkan data sebelumnya, OPD yang masih belum optimal dalam penyerapan anggaran adalah OPD yang menaungi bidang konstruksi dan pertanahan.

Kata Hidayat, untuk bidang pertanahan hal itu terjadi lantaran terkendala pada proses pembayaran.

“Untuk bidang konstruksi terkendala saat pengajuan pada pihak ketiga,” ucapnya.

“Itu biasanya berada pada Dinas TRB (Tata Ruang dan Bangunan-red), Dinas Bina Marga, dan DPPP (Dinas Perumahan, Permukiman, dan Pemakaman-red),” ujarnya menambahkan.

Meski begitu, Hidayat bilang, pihaknya menargetkan dan meyakini hingga akhir tahun 2019, anggaran belanja dapat terealisasi hingga 100 persen. Sebab, kata dia, akselerasi atau percepatan serapan anggaran belanja daerah akan terealisasi di bulan November dan Desember 2019.

“Walaupun sekarang masih di angka 58,36 persen, tapi kami yakin seluruh anggaran bisa terserap di dua bulan terakhir ini,” ujarnya. (Restu/Don).

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan