Warga Cipanganten Peringati Maulid Nabi dengan Berbagai Hiasan Miniatur

Ramzy
9 Nov 2019 22:15
2 menit membaca

Berbagai hiasan yang dibuat masyarakat Cipanganten, Desa Panyirapan, Kecamatan Baros, Kabupaten Serang, Banten, dalam memperingati Maulid Nabi Muhamma SAW, Sabtu (9 November 2019)

SERANG (SBN) — Berbagai cara digelar umat Islam dalam memperingati Maulid Nabi Muhamma SAW. Salah satu cara mengungkapkan rasa syukur atas peringatan tersebut adalah yang dilakukan masyarakat Cipanganten, Desa Panyirapan, Kecamatan Baros, Kabupaten Serang, Banten, pada Sabtu (9 November 2019).

Menurut pantauan Suarabantennews.com di lapangan, sejak pagi masyarakat Kampung Cipanganten RT 03/RW 01, Desa Panyirapan, Kecamatan Baros, itu menggelar doa bersama dan memajang berbagai hiasan hasil karya mereka semalam suntuk.

Mereka membuat berbagai hiasan dalam bermacam-macam bentuk, berupa perahu, pesawat terbang, dan gunungan dengan dibalut menggunakan sarung, sajadah, dan bahan-bahan keseharian lainnya. Selain itu, dalam perahu maupun berbagai hiasan tersebut juga diisi uang pecahan Rp2.000, Rp5.000, hingga Rp100 ribu.

Setelah doa bersama, hiasan-hiasan itu pun dibongkar dan bahan-bahannya yang berharga serta uang yang ada di sana dikumpulkan panitia. Barang-barang dan uang itu kemudian dibagi-bagi menjadi ribuan paket yang kemudian dibagikan kembali kepada ribuan warga Desa Panyirapan yang hadir dalam kegiatan doa bersama.

Aang Khunaepi, salah seorang panitia mengatakan, acara ini selalu dilaksanakan setiap tahun. Mereka membuat beraneka macam hiasan miniatur dari bambu, seperti perahu, rumah, pesawat terbang, dan lainya dengan dibalut sajadah, sarung, atau kain. Bagian dalamnya diisi dengan berbagai kue kering dan uang.

Aang berharap acara peringatan Maulid seperti ini bisa  mempersatukan dan mempererat para pemuda dan masyarakat kampung Cipanganten sekaligus sebagai ajang silaturahmi dengan  masyarakat kampung lainnya.

“Semoga dengan memperingati acara Maulid Nabi Muhamma SAW ini kami akan mendapatkan syafaat darinya di yaumilkiamah nanti,” tutupnya. (Yadi/Atm)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan