Goes To Sehat Peduli Hari Kanker Anak Sedunia 2020

Ramzy
17 Feb 2020 12:12
3 menit membaca

TANGERANG (SBN) – Bertepatan dengan Hari Kanker Anak Sedunia 2020, yang biasa diperingati pada 15 Februari. Kegiatan Acara “Goes To Sehat”, sebagai bentuk kampanye global untuk meningkatkan kepedulian akan kanker pada anak-anak dan Hemofilia yang digelar Yayasan Amaryllis Kirana (YAK) bersama penggiat sosial dan lintas komunitas Tangerang.

Kegiatan yang digelar di Taman Prestasi Jalan Ahmad Yani, Suka Asih Kota Tangerang, selain didukung dengan penggalangan donasi dimeriahkan dengan Goes bersepeda dari beberapa komunitas yang ada di Kota Tangerang.

Ketua Panitia Penyelenggara Goes To Sehat Dieta Bramasto mengatakan, kegiatan di luar dari seremonial HUT Kota Tangerang ke- 27 tahun itu, selain peringatan Hari Kanker Anak Sedunia, juga mengenalkan kepada masyarakat kota Tangerang bahwa ada rumah singgah, dimana anak-anak penderita kanker yang belum berobat atau sedang mengalami pengobatan bisa singgah di Yayasan Amaryllis Kirana (YAK), sebagai wadah dalam mendukung atau memberikan obat yang memang tidak terdaftar oleh BPJS Kesehatan bagi penderita kanker dan hemofilia.

“Kegiatan yang disuport komunitas-komunitas, sebagai bentuk kesatuan dalam kepedulian sosial khususnya kesehatan di Tangerang dan Provinsi Banten. Acara peringatan ini bukan rangkaian HUT Kota Tangerang, yang sedikitnya puluhan komunitas, organisasi, dan media partner, turut menggalang donasi serta membantu berpartisipasi bagi anak penderita kanker dan hemofilia di YAK dalam mendukung kesatuan dalam keberagaman demi kemanusiaan,” ungkap Ketua Pemberantas Judi HIV, AIDS, dan Narkoba (PANTAS JUARA) DPD KNPI Kota Tangerang yang kerap disapa Bram, Minggu (16/2/2020).

Dirinya juja menungkapkan, dari kegiatan hasil donasi yang akan dihasilkan akan dimanfaatkan untuk membantu mereka, dan berharap Pemerintah Kota Tangerang dapat lebih peduli untuk bekerjasama dengan YAK sebagai bentuk program kesehatan Kota Tangerang.

“Dari suport para komunitas dan lainnya yang terlibat, Alhamdulillah, saat ini donasi yang sudah terkumpul itu kurang lebih ada sekitar Rp. 5.400.000,- itu di luar dari sponsor- sponsor. Semoga pemerintah dapat lebih keras proaktif dalam melihat adanya permasalahan- permasalahan sosial, khususnya di masalah kesehatan. Juga semoga, untuk teman-teman penderita kanker tetap semangat, jangan pernah putus harapan, karena kesembuhan itu adalah berawal dari menset pemikiran diri sendiri, dan teman-teman komunitas semakin bersatu dan bisa bersinergi bersama-sama dengan Pemerintah Kota Tangerang,” imbuh Bram.

Kegiatan yang bertujuan untuk menunjukkan dukungan untuk anak-anak dan remaja penderita kanker dan Hemofilia, anak-anak penyintas (korban selamat) kanker dan keluarga penderita. Turut diapresiasi dengan kehadiran Walikota Tangerang H. Arief R. Rismansyah, beserta Wakil Wali Kota, dan segenap pejabat inatansi maupun institusi Kota Tangerang.

Berawal dari Komunitas Peduli Kanker Anak dan Hemofilia Banten (KPKAH), yang senantiasa menjadi wadah bagi para penderita Hemofilia dan Kanker Anak. YAK berharap dapat dari acara peringatan Hari Kanker Sedunia dapat menurunkan angka kesakitan dan kematian akibat kanker secara signifikan pada tahun 2020.

Hal tersebut diungkapkan Ketua YAK, Asep Ruswiadi bahwa, di momentum Hari Kanker Anak Sedunia 2020 menjadi kepedulian bersama, namun keterlibatan segenap komunitas, organisasi dan sponsor sebagai bentuk kolaborasi dalam penanganan atau pengobatan anak-anak kanker yang ada di Kota Tangerang.

“Kegiatan ini kan hanya sebagai alat aja, kita mengundang penggiat soaial untuk berkolaborasi supaya saling mendorong, saling menguatkan kita sebagai anak bangsa. Kita juga jujur, kita sebagai sesama relation dalam pembiayaan kan kita nggak ada bantuan dari pemerintah, untuk masalah pengobatan di rumah sakit memang sudah bersyukur kita fasilitasi dengan jaminan BPJS Kesehatan, tapi yang kita fokuskan jenis obat untuk penanganan mereka yang kurang beruntung dalam kehidupan ekonominya,” jelasnya.(Rat)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan