CFD di Kota Serang Kembali Dibuka, Ketua DPRD Kritik Karena Minim Pengawasan

Ramzy
22 Jun 2020 12:03
2 menit membaca

SERANG (SBN) — Care Free Day (CFD) di Kota Serang kembali dibuka untuk pertama kalinya pada Minggu, 21 Juni 2020. Setelah sempat sebelumnya ditiadakan karena pandemi virus Corona. Hal tersebut menyusul setelah terbitnya Peraturan Wali Kota Serang (Perwal) Nomor 18 Tahun 2020 Tentang Penanganan Covid-19 di Tempat Keramaian dan Fasitas Umum dalam masa transisi new normal.

Akan tetapi, kritikan pun muncul dari Ketua DPRD Kota Serang, Budi Rustandi. Ia menilai pengawasan CFD yang digelar di jalan dekat Alun-alun Kota Serang ini minim pengawasan.

“Pengawasan protokol kesehatan masih minim, Satpol PP juga tidak ada. Seharusnya menjadi sarana sosialisasi pencegahan Covid-19 selama masa transisi new normal, terutama bagi Dinkes,” ucapnya usai memantau pelaksanaan CFD.

Budi mengungkapkan, tidak ada antusias dari OPD terkait atas dibukanya kembali kegiatan CFD.

“Petugas Dinkes harusnya hadir, bukan hanya ambulannya, tapi mereka memantau ketika ada yang tidak pakai masker, diedukasi agar mengenakan masker, atau sosialisasi pencegahan covid-19 yang lainnya. Atau OPD lainnya turun menyosialisasikan program perekonomian di masa Covid-19,” ujar Budi.

Meski begitu, secara umum warga sudah sadar untuk menerapkan protokol kesehatan dalam pelaksanaan CFD di masa transisi new normal. Setidaknya sebagian besar warga sudah sadar mengenakan masker. Bagi yang tidak mengenakan masker, tidak diperbolehkan mengikuti CFD.

“Saya mengingatkan pihak-pihak terkait untuk meningkatkan penagwasan, dan juga lebih tegas kepada peserta CFD pada masa transisi pandemi Covid-19. Kalau perlu bagi pelanggar protokol kesehatan pada kegiatan CFD diberikan sanksi,” tandasnya.(Hendra/Zie)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan