Dongkrak Ekonomi Warga, Kawasan Banten Lama Bakal Dilengkapi Homestay

Ramzy
12 Agu 2019 12:31
2 menit membaca

Sekretaris Dinas Pariwisara Provinsi Banten, Wadiyo.

SERANG (SBN) – Meski proses revitalisasi belum selesai, tapi kawasan wisata religi Banten Lama di Kecamatan Kasemen, Kabupaten Serang, terus dikunjungi wisatawan. Akibatnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten berencana menyediakan homestay atau rumah singgah.

Pemprov Banten ingin para wisatawan yang berkunjung ke Banten Lama mudah mendapatkan tempat istirahat usai berziarah. Fasilitas bagi para peziarah tersebut rencananya menggunakan rumah milik warga sekitar.

Sekretaris Dinas Pariwisara Provinsi Banten, Wadiyo mengatakan dari segi fisik, kawasan Banten Lama sudah baik, tinggal menumbuhkan sadar wisata kepada masyarakat, karena potensinya sangat besar.

“Seiring pembangunan yang dilakukan Pemprov Banten pengunjung semakin meningkat, bukan hanya pada siang hari namun pada malam hari juga banyak, tentu di sini membutuhkan tempat penginapan,” ucapnya, Senin (12/8/2019).

Ia menjelaskan, keinginan Pemprov Banten menjadikan kawasan Banten Lama senyaman mungkin bagi peziarah maupun wisatawan.

Karena itu, selain melakukan revitalisasi Pemprov Banten juga akan mengoptimalkan fasilitas pendukung lainnya, salah satunya pembuatan rumah singgah atau Homestay. Ia juga menuturkan, pembangunan rumah singgah dimaksudkan untuk membangkitkan ekonomi warga yang tinggal di sekitar kawasan Banten Lama.

“kita akan mengedukasi masyarakat dan mensosialisasi bagaimana pengelolaannya, peningkatan rumah menjadi homstey dan bekerja sama dengan Perkim untuk menyiapkan pembugaran rumah-rumahnya agar syarat-syarat menjadi homestay terpenuhi,” jelasnya.

Pemprov Banten juga sedang mengembangkan kawasan wisata penunjang sekitar Kawasan Banten Lama seperti Pantai Gope dan lainnya.(hen/zie)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan