Plt Dirut PLN Resmikan SPKLU di AEON Mall BSD City

Ramzy
29 Okt 2019 10:30
2 menit membaca

TANGERANG (SBN) — Plt Direktur Utama (Dirut) Perusahaan Listrik Negara (PLN) Sripeni Inten Cahyani meresmikan dua unit Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) khusus untuk kendaraan mobil di AEON Mall BSD City, Desa Pagedangan, Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang, Senin (28/10/2019).

Sripeni mengatakan, launching SPKLU ini merupakan salah satu komitmen PLN dalam rangka mendukung energi bersih. Komitmen PLN dalam melaksanakan Perpres 55 tahun 2019 mengenai kendaraan berbasis listrik dan saat ini PLN sudah mampu menyiapkan stasiun pengisian listriknya.

“Hari ini kita wujudkan dan diinformasikan bahwa hari ini kita launcing serentak sembilan unit SPKLU khusus mobil dan sudah ada 7000 untuk kendaraan selain mobil yang ada di Indonesia,” ujarnya.

Dari sembilan unit SPKLU ini, lanjutnya, bertempat di empat lokasi yaitu Aeon Mall BSD City Tangerang, unit induk distribusi Jakarta, unit induk distribusi Bandung dan unit induk distribusi Bali.

“Untuk medium charging kita investasi sebesar Rp 200 juta, tetapi untuk ultrafast kita infestasi sebesar Rp 1 miliar per unit dan untuk kerjasamanya kita libatkan pihak swasta,” ucapnya.

Adapun penentuan tarif yang akan diberlakukan, lanjutnya, masih diatur oleh Kementerian ESDM. Kemudian untuk sementara SPKLU ini, masih menggunakan tarif layanan khusus yaitu Rp 1.400/KWH.

Sementara itu, General Manager Operation AEON Mall BSD City Windy Barata mengatakan, pihaknya sangat mendukung segala inovasi yang berkaitan dengan lingkungan dan udara bersih. Salah satunya mobil listrik yang sangat ramah lingkungan.

“Hasil MoU yang kami peroleh jadi masyarakat tau bahwa pemerintah peduli dengan kondisi lingkungan, dalam hal komersil tidak terlalu ditonjolkan,” imbuhnya.

Untuk penambahan unit, kata Windy, masih melihat perkembangan tentang bagaimana masyarakat bisa memanfaatkannya. Namun, bukan hanya di AEON Mall BSD City saja, tetapi di AEON Mall lain pun akan dilaunching juga.(Restu/Zie)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan