Jelang Sensus Penduduk 2020, BPS Goes To School ke SMAN 19 Balaraja

Ramzy
29 Nov 2019 12:23
2 menit membaca

TANGERANG (SBN) – Menjelang Sensus Penduduk 2020, Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Tangerang menggelar sosialisasi di sejumlah sekolah. Kali ini, sosialisasi digelar di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 19 Balaraja, Jumat, 29 November 2019.

Faizin, Kepala BPS Kabupaten Tangerang memaparkan, ada dua metode yang digunakan BPS untuk sensus penduduk 2020, yakni metode daring (online) dan verifikasi lapangan. Perkembangan teknologi menjadi salah satu pertimbangan diterapkannya metode ini.

“Karena untuk bulan Februari dan Maret kami akan dilakukan pendataan online untuk membantu keluarganya yang masih gagap teknologi dan anak-anak bisa membantu secara mandiri mengupdate kependudukannya melalui service online,” kata dia.

Lebih lanjut, Faizin mengatakan, jika ada warga yang belum melakukan sensus dengan cara online, maka pada Juli 2020 akan ada petugas yang datang melakukan sensus. Walaupun datang ke rumah warga, namun untuk input data tetap dilakukan secara digital menggunakan smartphone.

“Kalau menggunakan metode lama biayanya mahal, sulit mendatangkan penduduk, karena mobilitas tinggi, ada penduduk yang sulit dijangkau,” ucapnya.

Diharapkan, dari sensus ini ada satu data kependudukan yang bisa digunakan semua instansi. Sehingga tidak ada lagi perbedaan data terkait jumlah data penduduk dan menjadi acuan pemerintah untuk mengoptimalkan kebijakannya.

“Anak sekolah menjadi sasaran sosialisasi ini karena generasi milenial tentunya sudah familiar dengan internet. Mereka diharapkan berperan serta dalam mengisi sensus online tersebut,” pungkasnya.

Dalam sensus online via online, satu orang dapat menginput seluruh anggota keluarganya. Selanjutnya, sosialisasi ini akan dilanjutkan di banyak sekolah se- Kabupaten Tangerang sehingga informasi Sensus Penduduk 2020 dapat beredar seluas-luasnya.(Sadi/Zie)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan