PUPR Perbaiki Sementara Jalan yang Rusak, DPRD: Perbaiki Total Saja

Ramzy
10 Mar 2020 12:22
2 menit membaca

KOTA TANGERANG (SBN) — Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tangerang Gatot Wibowo mendesak Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang agar segera menangani jalan rusak di ruas Jalan Perancis, Kota Tangerang. Penanganan hendaknya bersifat menyeluruh, bukan hanya sementara.

“Untuk perbaikan ruas jalan yang dilakukan Pemerintah Kota Tangerang itu harus tepat sasaran. Jadi, kalau memang harus dilakukan perbaikan, perbaiki saja total, enggak perlu sementara-sementara,” kata Gatot kepada Suarabantennews di gedung DPRD Kota Tangerang, Selasa (10 Maret 2020).

Menurut Gatot, jika perbaikan jalan tersebut hanya berupa penanganan sementara, nantinya bisa menimbulkan penumpukan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kota Tangerang.

“Jangan sampai dobel anggaran, lah. Efisiensi anggaran, kan, ini juga semangat Pemerintah Pusat,” tegasnya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Tangerang Decky Priamnodo mengungkapkan berdasarkan pinyisiran pihaknya pada dua pekan lalu, ada 24 titik di ruas jalan milik Kota Tangerang yang rusak, baik rusak berat maupun ringan, dan harus segera ditangani.

Namun, kata Decky, saat ini baru dilakukan penanganan sementara, yaitu dengan ditambal karena perbaikan jalan aspal secara menyeluruhnya itu harus dalam kondisi kering. Jika dalam kondisi basah, aspal tidak bisa menyatu karena aspal tidak bisa bercampur dengan air.

“Sambil menunggu kondisi cuaca memungkinkan, baru kita bongkar lagi, kita tangani sesuai kebutuhan,” katanya.

Kerusakan jalan ini, lanjut Decky, akibat guyuran air hujan yang membuat kualitas aspal atau beton menurun, selain juga karena sering dilintasi kendaraan ODOL.

Jalan raya yang saat ini menjadi kewenangan Pemerintah Kota Tangerang ada 251 ruas dengan total panjang 255,3 kilometer dan ruas jalan lingkungan dengan jumlah 3.907 ruas dan panjang mencapai 829,9 kilometer. (Yadi/Atm)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan