Anggota Dewan Sosialisasikan Pencegahan Virus Korona Langsung ke Rumah Warga

Joe
25 Mar 2020 16:48
3 menit membaca

KOTA TANGERANG (SBN) — Sejumlah warga RW 04, Kelurahan Kelapa Indah, Kecamatan Tangerang, dikejutkan hadirnya sejumlah kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) yang melakukan penyemprotan disinfektan pada Rabu (25 Maret 2020).

Bukan hanya melakukan penyemprotan, kader PDI-P itu pun membagikan cairan pembersih tangan antiseptik dan edukasi seputar pencegahan penyebaran virus korona, dari membiasakan menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) hingga pembuatan antiseptik dan disinfektan secara mandiri.

Nova, warga setempat mengatakan agak terkejut, namun kehadiran puluhan kader PDI-P di lingkungannya itu membuat dirinya dan ratusan warga lainnya terbantu.

“Kaget, sih, pagi-pagi ada tamu bawa tangki mau nyemprot. Awalnya, kita khawatir. Tapi, setelah diberikan tata cara bikin hand sanitazer kita jadi sedikit lebih paham,” kata Nova.

Dia menuturkan, pemahaman dan tata cara yang tepat dalam melakukan pencegahan penyebaran virus ini membuat masyarakat sekitar dapat lebih mandiri dalam melakukan pencegahan.

“Baru tahu, sebenarnya murah dan mudah untuk melakukan penyemprotan dan membuat cairan antiseptik yang sekarang sudah rada susah mencarinya,” ungkap Nova.

Taslim, Ketua LPM Kelapa Indah, mengaku sangat mengapresiasi kehadiran wakil rakyat di tengah mewabahnya virus korona yang mulai menimbulkan kepanikan saat ini.

“Pada intinya, saat yang lain tidur, PDI-P hadir di tengah-tengah masyarakat yang sangat membutuhkan edukasi tentang pencegahan korona,” kata Taslim.

Ia mengakui kini lebih paham tentang penyebaran virus korona ini, mulai hal sederhana seperti berjemur di pagi hari hingga pembuatan antiseptik yang bisa dibuat sendiri.

Ketua Fraksi PDI-P DPRD Kota Tangerang Andri S. Permana mengatakan saat ini pihaknya menyebar ke beberapa titik, di antaranya, RW 05 dan RW 04 Kelurahan Kelapa Indah, Kecamatan Tangerang.

Selain Kecamatan Tangerang, lanjut Andri, pihaknya juga menyebarkan kadernya ke beberapa titik di Kelurahan Sukajadi, Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang.

“Kita mempersiapakan seribu antiseptik dan seribu masker. Rumah yang kita ketuk kita semprot, kita bagikan hand sanitazer dan juga diberikan sosialisasi tata cara pembuatan antiseptik secara mandiri dan langkah langkah pencegahan penyebaran virus korona,” jelas Andri di lokasi.

Ia mengaku pada kesempatan tersebut pihaknya juga memberikan pemahaman kepada warga agar tetap tinggal di rumah dan menghindari kontak fisik dengan warga lainnya.

“Kalau kemarin kita memberlakukan social distancing, yakni membatasi interaksi sosial, sekarang kita memberikan pemahaman kepada warga untuk physical distancing, yakni menjaga jarak aman antar individu,” jelas Andri yang juga sebagai sekretaris PDI-P Kota Tangerang itu.

Ia menilai, Penerapan jaga jarak fisik (physical distancing) efektif dalam pencegahan dan memutus mata rantai penyebaran virus korona yang jumlah korbannya terus meningkat setiap hari.

“Interaksi sosial masyarakat, yakni komunikasi dan silaturahmi harus tetap terjaga. Pola interaksinya  saat ini bisa memanfaatkan teknologi informasi. Jadi, melalui kegiatan ini kita berharap masyarakat dapat lebih waspada terhadap penyebaran virus korona,” pungkas Andri. (Yadi/Atm)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan