Masa Pandemi, Dindik Kabupaten Tangerang Minta Radio Dukung Pembelajaran Daring

Ramzy
24 Jun 2020 13:08
2 menit membaca

KABUPATEN TANGERANG (SBN) — Dalam mendukung kegiatan belajar mengajar (KBM) online di masa pandemi, Dindik Kabupaten Tangerang meminta Bupati Tangerang memfasilitasi Radio Tangerang Gemilang sebagai media media penunjang. Pasalnya, banyak orang tua peserta didik mengeluh lantaran keterbatasan membeli kouta internet.

Kepala Bidang SMP, Dindik Kabupaten Tangerang Fahrudin mengatakan, Radio Tangerang Gemilang 91,3 FM sangat efektif jika digunakan sebagai metode penunjang pembelajaran di masa pandemi. Terkait inisiatif ini, kata dia, pihaknya telah mengusulkan kepada Bupati Tangerang untuk pembelajaran di tahun ajaran 2020-2021.

“Hal ini sudah dikomunikasikan. Tentu kami sadar kekurangannya yakni akan menggesek mata siaran,” ujarnya, Rabu 24 Juni 2020.

Meskipun belum disepakati, kata Fahrudin, pihaknya masih terus berupaya dan menjalin komunikasi dengan Diskominfo Kabupaten Tangerang. Hal ini bertujuan agar tidak terjadi ketimpangan pada saat pelaksanaan.

“Kami minta dari hari Senin-Rabu, sejak tahun ajaran dimulai tahun ini. Kami minta slot waktu dari pukul 08.00-12.00 WIB,” ungkapnya.

Ia menambahkan, adapun mata pelajaran (mapel) yang disiarkan yaitu Ilmu Pengetahuan Alam, Matematika dan Bahasa Inggris. Menurutnya, dipilihnya mapel tersebut sangat karena dianggap cocok jika disiarkan melalui radio.

“Bukan berarti mengesampingkan mapel yang lain. Karena kita lihat dari segi keefektifan dan kelayakan,” imbuhnya.

Sebelum disepakati oleh unsur terkait, lanjutnya, pihaknya juga akan mengevaluasi sejauh mana jangkauan frekuensi radionya tersebut. Apabila jangkauannya baik, maka akan lebih efektif, namun sebaliknya maka metode KBM via online akan terus di evaluasi.(Restu/Zie)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan