SMKN 5 Kabupaten Tangerang Upacara dengan Busana Adat

Ramzy
4 Okt 2019 14:49
1 menit membaca

TANGERANG (SBN)-, SMKN 5 Kabupaten Tangerang mennggelar upacara memperingati HUT ke-19 Provinsi Banten dan HUT ke-15 sekolah itu. Upacara yang diikuti ribuan peserta didik itu dilaksanakan di Lapangan Utama SMKN 5 Kabupaten Tangerang, Jumat (4/10/19).

Uniknya, ribuan peserta didik yang mengikuti upacara nampak mengenakan baju atau pakaian adat. Kepala SMKN 5 Kabupaten Tangerang Kamsono mengatakan, upacara dengan busana adat itu merupakan salah satu bentuk upaya pembelajaran dalam meningkatkan kecintaan siswa terhadap ragam budaya bangsa.

“Bisa kita lihat momen-momen itu saat upacara berlangsung. Mereka mengenakan pakaian adat daerah masing-masing. Tampak terlihat betapa beragamnya kita sebagai putra-putri Indonesia yang kaya akan budaya, suku, dan agama” kata dia.

Tidak hanya itu, lanjut Kamsono, konsep upacara yang digelar juga bertujuan untuk meningkatkan kesatuan dan persatuan sesama anak bangsa. Mengingat dalam waktu belakangan ini Indonesia tengah diterpa dengan isu-isu sensitif

“Maka dari itu, konsep pakaian adat daerah dikenakan para siswa ini untuk menunjukkan bahwa dengan semangat Bhineka Tunggal Ika, semua perbedaan itu yang akan terus menyatukan kita. Indonesia itu bersatu karena perbedaan, bukannya perbedaan menjadi pemecah belah anak bangsa,” ujarnya. (Rls/Don)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan